Terkadang, hidup tidak berjalan seperti yang kita inginkan. Ada kalanya kita dihadapkan dengan berbagai macam kenyataan pahit, yang seringkali tidak dapat kita terima.

Ini wajar, dan pernah dirasakan oleh hampir semua orang. Karena memang seperti itulah adanya hidup.
Tetapi seringkali kita tidak menyadari, bahwa kenyataan pahit ini tidak sebaiknya kita benci. Justru sebaliknya, ada beberapa kenyataan pahit, yang jika dapat kita terima dengan ikhlas, justru akan menjadikan hidup kita lebih baik.
Apa saja, kenyataan pahit dalam hidup, yang harus bisa kita terima ini?

Yang pertama, kita harus bisa menerima kenyataan, bahwa dalam hidup ini kita akan selalu mengalami banyak kegagalan. Semua orang pernah gagal. Bahkan berkali-kali gagal.

Jangankan kita, mereka yang hari ini sudah jadi bilyuner pun pasti pernah gagal pada awalnya. Kegagalan, bahkan bisa kita pandang sebagai salah satu teman hidup yang setia. Yang akan selalu kita temui dalam setiap usaha. Menerima kegagalan itu, memang pahit. Tetapi justru dari kegagalan inilah kita dapat belajar banyak.

Karena pernah gagal, kita tahu siapa diri kita. Karena pernah gagal, kita tahu apa kekurangan kita. Dan karena pernah gagal juga, kita jadi tahu bagaimana cara memperbaikinya.

Selain kegagalan, kenyataan pahit kedua, yang mau tidak mau harus bisa kita terima, adalah bahwa masa lalu tidak akan pernah bisa kita ubah.

Anda mungkin pernah menyesali suatu kesalahan yang fatal. Yang sampai bertahun-tahun lewat tidak bisa Anda lupakan. Tidak bisa Anda ikhlaskan.

Tetapi seberapapun kita sesali, masa lalu itu tidak akan pernah bisa kita ubah. Pahit memang, tetapi seperti itulah kenyataannya. Dan ini berlaku bukan hanya untuk kita, tetapi berlaku untuk semua orang di dunia.

Satu-satunya yang dapat kita lakukan, bila memiliki suatu penyesalan, adalah berusaha agar kita jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama. Kita tidak bisa merubah masa lalu, tetapi paling tidak kita bisa belajar, untuk memperbaiki masa depan.

Lalu yang ketiga, kita juga harus bisa menerima kenyataan, bahwasannya hidup tidak akan pernah sempurna.
Ketika masih berjuang, seringnya kita berpikir bahwa uang bisa memudahkan segala urusan. Tetapi ketika sudah sukses pun, ternyata uang tidak lantas bisa membeli segala hal. Tidak peduli seberapapun banyaknya uang yang kita punya, kita tetap tidak mungkin bisa membeli suatu kehidupan yang sempurna.


Baca Juga :


Akan selalu ada banyak kekurangan dalam hidup kita. Tetapi itu tidak lantas berarti bahwa kita tidak bisa bahagia. Kita tetap bisa hidup bahagia, dengan semua kekurangan yang kita miliki saat ini. Caranya, adalah dengan bersyukur sebanyak dan sebaik yang kita bisa.

Selanjutnya, kenyataan pahit keempat yang perlu kita terima dalam hidup ini, adalah kenyataan bahwa tidak ada, seorang pun, yang bisa membuat Anda bahagia, kecuali diri Anda sendiri.

Jika Anda masih berpikir, bahwa suatu saat akan ada seorang ksatria berkuda putih yang datang untuk menyelamatkan Anda, menyembuhkan luka hati Anda, menyelesaikan semua masalah Anda, maka lamanya waktu yang Anda perlukan untuk menunggu kedatangan ksatria ini, adalah seumur hidup.

Karena si ksatria itu sebenarnya tidak ada. Bukan hanya untuk kaum hawa saja, untuk kaum Adam pun sama demikian. Untuk kita semua. Tidak ada orang lain yang bisa membuat kita bahagia, selain diri kita sendiri.

Jika Anda kehilangan seseorang, jangan diam menunggu saja. Bertemu dan berkenalanlah dengan sebanyak mungkin orang baru. Karena semakin cepat Anda membuka hati, maka akan semakin cepat pula Anda bangkit dari keterpurukan ini.

Kebahagiaan tidak akan datang begitu saja, kita harus berjuang menciptakannya.

Terakhir, satu lagi kenyataan pahit dalam hidup, yang sebaiknya kita terima dengan lapang dada, adalah bahwa tidak ada yang bisa menjamin hari esok.

Kita tidak tahu apa yang bakal terjadi besok pagi. Bahkan ketika kita sudah punya segudang rencana untuk dijalankan, tetap ada kemungkinan semua rencana ini akan gagal berantakan.

Membangun rencana itu perlu, tetapi jangan dibiasakan mengulur waktu. Daripada menunggu besok, lebih baik jika apapun yang hendak Anda kerjakan ini, kerjakanlah sekarang. Hari ini. Berjuanglah hari ini, agar kita tidak menyesal besok pagi.

Itulah kurang lebihnya, lima kenyataan pahit dalam hidup, yang sebaiknya kita terima. Memang tidak mudah, tetapi bila kita bisa menerima kelima kenyataan pahit ini, maka hidup kita justru akan menjadi jauh lebih baik.
Seringnya, ketika kenyataan pahit ini muncul di depan mata, kita jadi sulit menerima. Menyalahkan keadaan. Bahkan menyalahkan orang lain. Tetapi jika dari awal kita sudah bisa menerima, bahwa kenyataan pahit ini memang ada, dan pernah dialami semua orang di dunia, maka kita bisa belajar untuk berbesar hati.

Kebesaran hati ini akan menjadikan Anda pribadi yang lebih baik, lebih bijak, dan tidak mudah tersakiti.
Akhir kata, untuk Anda yang saat ini sedang dihadapkan pada kenyataan pahit dalam hidup, saya doakan agar ikhlas, dan semoga apapun masalahnya bisa lekas terselesaikan. Semoga segera diberikan jalan keluar yang terbaik, dan semoga kita bisa sama-sama belajar, dari apa yang kita alami hari ini.


Konsultasi Seputar Hal Spiritual, Pelarisan dan Pengasihan, Dengan Ibu Dewi langsung dibawah ini :

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :

5 Kenyataan Pahit Yang Harus Kita Terima Dalam Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!